Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh – Salah satu tanaman yang bisa diambil manfaatnya untuk kesehatan adalah rumput laut. Dilihat namanya saja kita sudah tahu, rumput ini memang tumbuh di air laut dan dipanen untuk kemudian dijual di pasar. Umumnya rumput laut diolah untuk dijadikan agar-agar atau dicampur dengan es buah yang disebut dengan es rumput laut.

Tak hanya teksturnya saja yang lezat dan kenyal, rumput laut juga dikenal sebagai bahan makanan kaya nutrisi. Seperti dikutip dari www,stylecraze.com, tanaman yang satu ini juga memiliki manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Kesehatan pencernaan dan jantung

Oleh karena kandungan yang paling besar pada rumput laut adalah serat, tentu saja hal ini sangat bagus melancarkan pencernaan, serta sebagai detoks tubuh dari berbagai sampah yang mengendap di dalam usus dan menurunkan kolesterol. Inilah yang kemudian bisa menjaga kesehatan jantung dan menghindarkan tubuh dari penyakit kardiovaskuler.

Kandungan folat dalam rumput laut juga dapat mencegah penumpukan homosistein untuk menghindari penyakit jantung. Disamping itu rumput laut juga mengandung banyak protein yang akan membuat perut kenyang lebih lama, hingga sangat baik pula untuk dikonsumsi saat sedang diet.

2. Membantu mengatur hormon

Kadar vitamin K yang tinggi dalam rumput laut membantu kelenjar adrenal berfungsi dengan baik sehingga bisa menyeimbangkan hormon. Jenis-jenis rumput laut nori, wakame, bladderwrck, dan kombu lebih banyak mengandung vitamin K yang sangat baik dikonsumsi.

3. Meningkatkan kesuburan

Oleh karena rumput laut mengandung banyak nutrisi penting, maka rumput laut juga sangat baik mendukung kesuburan wanita dan pria. Beberapa unsur penting seperti seng, yodium, magnesium dan selenium yang tinggi dalam rumput laut dapat meningkatkan tingkat kesuburan.

4. Meningkatkan fungsi tyroid

Bila Anda mengalami masalah tyroid seperti hipotiroidisme, susah menurunkan berat badan dan lain-lainya, maka rumput laut bisa membantu masalah Anda tersebut. Hal ini disebabkan rumput laut mengandung zat selenium dan yodium yang cukup tinggi dimana bisa membantu tubuh untuk menyeimbangkan dan mengontrol fungsi tiroid.

5. Mengatasi penyakit kulit

Selain meningkatkan fungsi tyroid, rumput laut juga merupakan sumber yang kaya vitamin B12, B6, B3, dan B2, yang membantu dalam mengurangi peradangan dan melindungi permukaan kulit. Tak heran bila banyak produk perawatan tubuh dan kulit yang menjadikan rumput laut sebagai bahan utama. Malahan rumput laut bisa mengobati meringankan alergi kulit sensitif, seperti eksim dan berbagai penyakit kulit seperti rocasea.

6. Membantu Menyembuhkan kanker

Rumput laut pun mengandung zat yang bernama fucoidans, dimana sudah terbukti secara klinis untuk membunuh sel kanker tanpa harus membunuh sel – sel yang ada pada tubuh yang masih sehat dan normal. Tak hanya itu saja, polisakarida dan fucoidans dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Dimana pada akhirnya mencegah pertumbuhan sel kanker. Bukan itu saja, phytoesterogen dalam rumput laut juga membantu meminimalkan kemungkinan kanker payudara dengan menghalangi pembentukan estrogen berlebihan.

Sekian artikel mengenai manfaat rumput laut bagi tubuh, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *